Cahyo SW, MT; Dimitri R, MT; Teguh Widodo; Prayogi; Dimaz Warahadi; Riesta; Lies Aisyah; Herry Widhiarto, M.Si
PENDAHULUAN
Pemanfaatan Bahan bakar gas memegang peranan penting
dalam menyukseskan program langit biru. Selain bahan bakar gas produk dari gas
bumi, DME (Dimethyl Ether) merupakan
bahan bakar gas yang dewasa ini menjadi suatu alternatif energi yang dapat
mensubstitusikan peranan bahan bakar gas lainnya seperti LPG, LNG maupun CNG. sumber bahan baku
DME yang dapat diproduksi dari gasifikasi batubara yang secara nasional
cadangannya masih berlimpah serta dapat pula diproduksi dari biomassa.
LPG yang digunakan pada kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum (bukan
bis) dan bisa dikenal dengan nama LGV (Liquefied Gas for Vehicle). Tekanan LGV dalam tabung penyimpanan relatif rendah yakni 8 bar – 12bar (116 psi – 174 psi) sehingga penggunaan LGV cukup aman
dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar gas lainnya yang bertekanan tinggi untuk kendaraan. Dengan pengujian kendaraan berbahan
bakar campuran LGV – DME dengan variasi konsentrasi DME dalam LGV akan didapatkan
optimalisasi kinerja kendaraan berbahan bakar campuran LGV – DME.
Dengan telah dilakukannya perancangan peralatan konversi
LPG pada sepeda motor guna peningkatan kinerja sepeda motor dari kondisi
peralatan konversi original yang menghasilkan turunnya kinerja sepeda motor
berupa daya yang didapat lebih kecil dan emisi HC cukup besar maka modifikasi
pada regulator serta perancangan mixer dan ignition timing (penisbahan waktu
penyalaan) yang optimal menjadi kinerja sepeda motor berbahan bakar LPG
setara/mendekati dengan kinerja sepeda motor berbahan bakar bensin 88.
Modifikasi terhadap peralatan konversi tersebut akan diaplikasikan dalam uji
prestasi di jalan raya bagi sepeda motor. Kinerja sepeda motor tersebut di
bandingkan dan di analisa dengan kinerja sepeda motor berbahan bakar bensin 88.
Penggunaan LPG untuk kendaraan
bermotor, perlu didukung dengan ketersediaanya bahan bakar tersebut, hal ini
untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan akan bahan bakar LPG. Maka dengan
adanya DME yang juga dapat mensubstitusi atau dicampurkan dengan LPG, maka diharapkan
Indonesia tidak lagi meng-import LPG akibat penambahan penggunaan LPG untuk
kendaraan. Pemanfaatan DME juga
merupakan implementasi dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun
2006 Bab I Pasal 1 ayat 7, tentang konservasi energi yaitu penggunaan energi
secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang diperlukan dan
Permen ESDM nomor 29 tahun 2013 tentang Penyediaan, Pemanfaatan dan Tata Niaga
Dimetil Eter sebagai Bahan Bakar.
II. KINERJA BAHAN BAKAR GAS UNTUK KENDARAAN
III. KESIMPULAN
DAN REKOMENDASI
Kesimpulan
Dalam melakukan konversi bahan bakar bensin menjadi bi-fuel bahan bakar bensin 88 dengan LPG
untuk kendaraan (LGV) pada kendaraan sepeda motor diharapkan tidak
mengakibatkan menurunnya kinerja sepeda motor, dengan demikian dalam kajian ini
dilakukan modifikasi sistem pada peralatan konversi sehingga dalam penggunaan
LGV diharapkan dapat lebih baik dari kinerja sepeda motor dengan bahan bakar
bensin 88, hal ini terbukti pada modifikasi sistem peralatan konversi untuk
sepeda motor dengan jenis 110 cc yang belum optimal.
herry 0817815599
herryscorvio@gmail.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar