Drs. H. Mardono, Ir. Djainuddin Semar, Ir. Maymuchar, M.T., Dra. Emi Yuliarita,
Lies Aisyah, S.T, Cahyo SW, MT, Reza Sukaraharja, MT, Dimitri Rulianto, MT
Kelompok BBMG - KP3 Teknologi Aplikasi Produk - PPPTMGB "LEMIGAS"
RINGKASAN EKSEKUTIF
Kegiatan penelitian ada beberapa tahap yaitu pengumpulan data literatur,
melakukan survai/diskusi lapangan, penelitian sifat-sifat fisika kimia, uji
kinerja pada sepeda motor, evaluasi hasil dan pembahasan.
Alternatif bahan bakar yang memiliki potensi cukup besar
untuk dikembangkan tanpa mengganggu pasokan pangan adalah butanol. Penggunaan butanol sebagai campuran bensin mempunyai bebrapa
keuntungan, misalnya butanol tidak larut dalam air sehingga tidak mudah
menyebabkan korosi, kandungan energi yang tidak jauh berbeda dengan bensin dan
disektor lingkungan butanol lebih aman karena jika tumpah tidak mudah
mencemari air tanah akibat sifat fisikanya yang menolak air.
Tujuan penelitian adalah untuk mengamati pengaruh penambahan butanol ke dalam
bensin terhadap sifat fisika kimia bensin, peningkatan angka oktanan, sifat
volatilitas serta efek pemakaian
campuran butanol dengan bensin terhadap kinerja mesin Sepeda motor seperti waktu akselerasi, daya
akselerasi, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang.
Butanol dapat menaikkan angka oktana riset bensin. Hasil pengujian
distilasi dengan metode ASTM D 86, ternyata penambahan butanol dalam bensin
cenderung memperbaiki sifat volatilitas bensin yaitu menaikkan temperatur
penguapan T10 (kemudahan dalam penyalaan mesin), T50 (akselerasi dan
pemanasan atau acceleration and warm
up yang baik), T90 (distibusi yang
merata pada setiap silinder mesin). Disamping itu bahan bakar yang mengandung
butanol dapat menurunkan tekanan uap sehingga bahan bakar ini aman terhadap
evaporasi lingkungan serta mengeliminasi kemungkinan terjadinya ”vapor lock”
terutama untuk mesin yang berkarburator.
Hasil-hasil pengujian kinerja pada Sepeda Motor yang memakai bahan bakar bensin
mengandung 10% volume butanol (Bu10) dibandingkan bahan bakar bensin yang tidak
mengandung butanol (Bu0) adalah:
§ Waktu
akselerasi rata-rata yang lebih baik 3,44%
§ Daya
akselerasi rata-rata lebih rendah 1,97%
§ Konsumsi
bahan bakar rata-rata meningkat 2,13%
§
Emisi gas buang:
Ø
Emisi CO lebih rendah 6,0%
Ø
CO2 lebih rendah 3,5%
Ø
NOx lebih rendah 9,34%
Ø
Emisi HC lebih rendah 10,12%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar