Selasa, 29 Oktober 2013

PENELITIAN PEMANFAATAN LPG SEBAGAI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR



Studi DIPA Tahun 2010
KPRT Aplikasi Produk - Lemigas
Ir. Maymuchar
Penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi penggunaan LPG sebagai bahan bakar sepeda motor menggantikan bensin, khususnya untuk mengetahui karakteristik fisika kimia, semi unjuk kerja, dan unjuk kerjanya yang mencakup parameter  daya, torsi, konsumsi dan emisi. Digunakan jenis sepeda motor bermesin 4 langkah volume ruang bakar (cc) yang berbeda yaitu 110 cc dan 150 cc, LPG kemasan tabung 3 kg, Pengujian terhadap bahan bakar uji,  untuk menunjukkan bahwa bahan bakar uji telah sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan Pemerintah yaitu berdasarkan SK Direktorat Jenderal Migas No. 3674 K/24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006  untuk bahan bakar bensin dan No. 25 K/36/DDJM/1990. Pengujian unjuk kerja sepeda motor dilakukan di chassis dynamometer untuk mendapatkan informasi mengenai daya, konsumsi dan emisi gas buang.
1.        Hasil uji Karakteristik bahan bakar uji bensin,didapat semua parameter uji yaitu angka oktana, distilasi, tekanan uap Reid, berat jenis, unwashed gum dan korosi bilah tembaga telah memenuhi spesifikasi.
2.        Hasil Uji Karakteristik LPG, semua parameter uji seperti specific gravity, vapour pressure, weathering test, cooper corrosion, total sulphur, water content serta komposisi telah memenuhi spesifikasi.
3.        Hasil unjuk kerja di chassis dynamometer yaitu daya maksimum yang dihasilkan oleh sepeda motor jenis 110 cc berbahan  bakar LPG  mengalami penurunan sebesar 25,3% sedang jenis 150 cc mengalami penurunan daya sebesar 13%. Torsi maksimum yang dihasilkan sepeda motor 110 cc berbahan bakar bensin sebesar 9,25 Nm sedang sepeda motor berbahan bakar LPG menghasilkan 8,49 Nm atau mengalami penurunan 8,22%. Penurunan torsi maksimum sebesar 3,04%  juga dihasilkan sepeda motor 150 cc.
4.        Hasil pengukuran konsumsi bahan bakar pada daya yang sama, sepeda motor 150 cc dengan bahan bakar LPG irit dibanding dengan yang berbahan  bakar bensin. Sepeda motor ini membutuhkan 37,6% lebih kecil atau rata-rata 2,53 kg/jam. Demikian juga dengan sepeda motor 110 cc, konsumsi bahan bakar LPG lebih kecil 39,5% dibanding kebutuhan bahan bakar bensin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar