Kamis, 14 Maret 2019

MANAJEMEN OPERASI PENGUSAHAAN WKP BORA PULU, SULAWESI TENGAH

Oleh : Tim KELOMPOK ENERGI BARU TERBARUKAN (EBT) P3Tek KEBTKE

PENDAHULUAN


     Sebagai salah satu lembaga riset energi terdepan di Indonesia, BLU (Badan Layanan Usaha) P3TKEBTKE (Pusat Penelitian dan Pengembangan  Teknologi Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi), di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), ingin terus bergerak maju di bidang penelitian energi baru dan terbarukan, khususnya panas bumi.
     Di bidang panas bumi kami memiliki pengalaman di penelitian pembuatan model reservoar, penggunaan langsung energi panas bumi, dan teknologi pembangkit listrik biner. Untuk mengembangkan kompetensi dan membuat hasil litbang kami lebih bermanfaat untuk masyarakat, saat ini kami ingin melakukan pengusahan Wilayah Kerja Panas bumi (WKP) melalui penugasan pemerintah kepada BLU. Adapun Surat Keputusan lembaga BLU P3TKEBTKE telah diterbitkan oleh Kementerian Keuangan dengan No. 932/KMK.05/2017  pada tanggal 8 Desember 2017.

Maksud dan Tujuan

     Maksud dari kegiatan ini adalah untuk diseminasi dan komersialisasi keilmuan kegiatan litbang kepada masyarakat dengan mengelola suatu Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) hingga memproduksi listrik melalui pola Kerja Sama Operasi (KSO) antara BLU P3TKEBTKE dengan Mitra Kerja. Sementara itu, tujuan dari kegiatan dalam proposal ini antara lain adalah:
  1. Terlaksananya penjualan listrik dari pengelolaan WKP sebagai wujud dari implementasi dan komersialisasi hasil litbang.
  2. Peningkatan kapasitas para peneliti P3TKEBTKE dalam kemampuan praktis dan bisnis
  3. Peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) P3TKEBTKE sebagai sumber tambahan untuk kegiatan penelitian
  4. Terwujudnya kerja sama dengan Mitra melalui pola Kerja Sama Operasi (KSO) yang memberikan keuntungan bagi kedua pihak
  5. Mendukung percepatan pengembangan panas bumi di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar