Selasa, 06 September 2011

LIPI jajagi pengujian kompor berbahan bakar Dimetil Eter

LIPI jajagi pengujian kompor berbahan bakar Dimetil Eter
Minggu, 14 Juni 2009

Selasa, 9 Juni 2009, P2SMTP-LIPI mengirimkan lima peneliti berkunjung ke PT. Aditec pabrik kompor gas merek Quantum untuk studi banding metoda pengujian kompor gas berbahan bakar Dimetil Eter (DME). Aditec telah bekerja sama dengan Pertamina untuk menggunakan DME sebagai salah satu alternatif energi terbarukan (renewable energy) yang bisa digunakan pada kompor.
DME ini dapat dibuat dengan bahan baku pohon enau, sehingga sangat prospektif jika dapat diterapkan di Indonesia, mengingat banyaknya lahan kosong di negeri ini yang bisa ditanami pohon enau. Saat ini sudah ada negara yang menerapkan hal penggunaan DME, yaitu China.
Namun, harus diingat bahwa ada beberapa sisi negatif DME, yaitu antara lain bahwa DME merupakan bahan yang mudah meledak (explosif) dan bersifat membekukan sesuatu. Di samping itu, nilai kalori bakar DME lebih rendah bila dibandingkan dengan gas elpiji. Untuk itu, perlu penelitian dan pengkajian lebih lanjut, baik berkaitan dengan efisiensi energi maupun keamanan penggunaan oleh pemakainya, sebelum dapat dipakai secara masal oleh masyarakat.
Dalam pertemuan kunjungan, Manajer Teknis Aditec menawari P2SMTP-LIPI untuk bekerjasama penelitian tentang DME. Target yang diinginkan dari kerja sama LIPI-Aditec adalah akan diketahuinya perbandingan efisiensi dan asupan panas antara penggunaan elpiji dan DME sebagai bahan bakar kompor. Pihak Aditec akan menyediakan kelengkapan bahan dan alat uji DME, kompor, regulator, dan selang, karena disainnya berbeda dengan kompor gas elpiji. P2SMTP-LIPI juga akan dipinjami timbangan berskala maks, karena tabung DME yang digunakan berkapasitas lebih dari 15 kg, sedangkan timbangan P2SMTP-LIPI hanya mampu menimbang sampai 15 kg saja.
Tindak lanjut pertemuan yang berlangsung setengah hari itu adalah bahwa kedua belah pihak sepakat untuk mewujudkan nota kesepahaman P2SMTP-LIPI dengan PT Aditec, sehingga kerja sama penelitian dapat berjalan sesuai dengan harapan.(hf, afs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar