Kamis, 08 September 2011

KAJIAN PENGARUH PENGGUNAAN DME TERHADAP KARAKTERISTIK DAN KUALITAS KOMPONEN NON-METAL PERALATAN LPG RUMAH TANGGA DAN PADA INFRASTRUKTUR LPG SERTA KOROSIFITAS TABUNG LPG

Oleh :Kelompok BBMG - KP3 Teknologi Aplikasi Produk- PPPTMGB "LEMIGAS"
Ir. Reza Sukaraharja, M.T; Cahyo Setyo Wibowo, S.T, M.T; Ir. Maymuchar, M.T; Dimitri Rulianto, S.T, M.T; Drs. Andri Prabowo; Ismoyo Surowaskito; Lutfi Aulia, S.T; dkk

LATAR BELAKANG

Pertumbuhan konsumen bahan bakar nasional khususnya bahan bakar LPG terus mengalami peningkatan dan perlu diusahakan secara riil dalam mengupayakan ketersediaan bahan bakar jenis gas tersebut. Sebagai bentuk diversifikasi energi dengan mengoptimalkan sumber energi lain, DME merupakan suatu solusi untuk menopang kekurangan pasokan bahan bakar LPG, dan diharapkan dapat mengantisipasi kebutuhan Nasional yang terus meningkat ditahun-tahun mendatang.

Karakteristik DME yang mirip dengan LPG merupakan suatu langkah kongkrit alternatif dalam mensubstitusikan LPG atau dapat juga untuk menggunakan kedua bahan bakar tersebut dalam bentuk campuran (mix). Komposisi campuran kedua jenis bahan bakar ini selain menentukan kualitas unjuk kerja (pembakaran) yang dihasilkan juga dapat mempengaruhi komponen peralatan penyaluran dan penyimpanan hingga peralatan end user-nya, yakni kompor (pada sektor rumah tangga). Hal tersebut sangat memungkinkan dikarenakan DME memiliki sifat yang dapat melarutkan beberapa jenis komponen non-metal seperti karet dan plastik, yang mana bahan tersebut terdapat pada alat/peralatan kompor gas, katup tabung LPG, peralatan pendukungnya maupun pada infrastuktur LPG (Tanker, Depo, Skid Tank & Stasiun Pengisian Bulk LPG/SPBE) dimana lebih detailnya peralatan tersebut dilengkapi dengan bahan/material karet sebagai bahan dasar seal, packing, gasket, o-ring, hose dan sebagainya. Dengan demikian perlu dikaji dan dianalisa pengaruh DME terhadap bahan karet ataupun plastik. Selain itu perlu juga dikaji dan dianalisa kemungkinan adanya efek korosifitas yang ditimbulkan terhadap tabung LPG sebagai tempat penyimpanan DME nantinya.

Dalam rangka untuk menguji dan menganalisa sifat-sifat DME lebih dalam lagi pihak PPPTMGB “LEMIGAS” bekerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) melakukan kajian pengaruh DME terhadap material non-metal (karet) dan metal (baja tabung LPG) untuk menjamin kualitas material yang tahan terhadap pengaruh-pengaruh yang diakibatkan DME, baik dalam skala peralatan sektor rumah tangga maupun infrastruktur-nya yakni Tanker, Depo, Skid Tank & Stasiun Pengisian Bulk LPG/SPBE.

MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan kajian terhadap pengaruh dari sifat-sifat/karakteristik DME ataupun LPG mix DME yang dapat mempengaruhi kinerja material non metal antara lain karet seal, packing, o-ring pada kompor dan peralatan pendukungnya seperti regulator dan hose (selang karet), berikut efek korosifitas yang dapat ditimbulkan pada material metal tabung penyimpanannya.

Tujuan dari pelaksanaan kajian ini adalah untuk memperoleh usulan metode uji berikut pengujian bagi jenis material non-metal yakni karet yang digunakan sebagai seal, packing, o-Ring, Hose dan sebagainya (pada kompor dan peralatan pendukungnya serta pada peralatan infrastruktur) terhadap pengaruh yang diakibatkan oleh DME dengan konsentrasi yang bervariasi, antara lain 20% dan 50% dalam LPG serta DME 100%. Pengujian efek korosifitas dilakukan juga terhadap metal tabung LPG dengan ukuran 3 kg dan 12 kg (ukuran kapasitas yang umum digunakan pada rumah tangga) dari pengaruh DME.

Pelaksanaan pengujian tersebut dilakukan terhadap material non metal yang saat ini digunakan (existing) maupun material baru lainnya. Dengan demikian hasil dari pengujian tersebut akan dihasilkan rekomendasi jenis dan spesifikasi komposisi bahan karet yang tahan terhadap DME.

METODOLOGI

Metodologi dari kegiatan ini berdasarkan bahan yang diujikan, antara lain:
  1. Bahan non-metal yang telah Exist (yang telah dipergunakan pada rumah tangga dan pada infrastruktur)
  2. Bahan non-metal yang Baru (sebagai bahan yang mem-back up, bila bahan yang telah exist pada rumah tangga mengalami off spec dalam pengujian)
  3. Selang karet Baru (sebagai selang karet yang mem-back up, bila selang karet yang telah exist pada rumah tangga mengalami off spec dalam pengujian)
  4. Bahan metal tabung LPG

Mau Tau Lebih lanjut hasil penelitian ini ?

herryw@lemigas.esdm.go.id



Tidak ada komentar:

Posting Komentar