Jumat, 25 Mei 2012

STUDI APLIKASI DAN KINERJA DME SEBAGAI BAHAN BAKAR BARU/ALTERNATIF SUBSTITUSI LPG UNTUK RUMAH TANGGA, INDUSTRI DAN TRANSPORTASI


BBMG group - KP3 Teknologi Aplikasi Produk - LEMIGAS 
Maymuchar, Cahyo SW, Reza Sukarahardja, Dimitri R, Andri P

Kebijakan Energi Nasional (KEN) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden RI Nomor 05 Tahun 2006 memberikan panduan diversifikasi energi dengan mengambangkan energi alternatif. Dimethyl ether (DME) adalah bahan bakar yang memiliki sifat yang mirip dengan LPG mempunyai potensi cukup besar untuk dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai bahan bakar pengganti atau campuran LPG. Pemanfaatan bahan bakar ini dapat dilakukan pada mesin pembangkit tenaga listrik (generator) skala kecil.
Studi Pemanfaatan LPG Mix DME dimaksudkan untuk mengamati pengaruh pemakaian beberapa variasi campuran DME dalam LPG pada mesin pembangkit listrik. Parameter yang diamati pada pemanfaatan bahan bakar ini adalah konsumsi bahan bakar, emisi, kestabilan operasional mesin dan kemudahan start
          Penelitian dilaksanakan dengan persiapan bahan bakar uji berupa LPG dan DME murni. Untuk mendapatkan campuran LPG mix DME dengan berbagai variasi maka terlebih dahulu dibuat alat pencampuran LPG dan DME. Pengambilan bahan  bakar uji dilakukan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) dan pabrikan yang memproduksi DME. Sebelum dilaksanakan pengujian aplikatif pada mesin generator, bahan bakar LPG, DME dan campurannya dilakukan pengujian sifat-sifat fisika/kimia dengan metode uji standar ASTM dan/atau metode uji baku lainnya. Yang dimaksud dengan campuran LPG mix DME adalah besarnya komposisi DME yang dicampurkan dengan LPG. Besarnya komposisi DME tersebut adalah 10%, 20%, 30%, 40% dan 50% untuk pengujian generator. Evaluasi kinerja pada generator dilakukan dengan membandingkan hasil uji kinerja mesin pembankit listrik berbahan bakar LPG dengan kinerja mesin pebangkit listrik berbahan bakar beberapa variasi komposisi DME dalam LPG.
  
B.              Hasil Pengujian
1.               Hasil Pengujian Karakteristik LPG, DME dan LPG mix DME
Hasil pengujian sifat fisika dan kimia bahan bakar uji baik LPG dan DME murni serta beberapa variasi campuran LPG mix DME dapat dilihat pada Tabel 1. LPG yang digunakan pada pengujian ini telah sesuai dengan spesifikasi sedangkan karakteristik DME untuk beberapa parameter pengujian juga telah sesuai dengan spesifikasi LPG kecuali parameter komposisi, begitu juga dengan LPG mix DME hasil pencampuran.  

herryscorvio@gmail.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar