Jumat, 25 Mei 2012

STUDI PENURUNAN EMISI CO2 MELALUI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PEMBAKARAN ”PEMANFAATAN PREHEATING SISTEM UNTUK PENINGKATAN EFISIENSI ENERGI PADA BURNER SKALA KECIL”

oleh: Cahyo SW, ST.MT, Ir. Maymuchar, MT, Herry W, M.Si, Reza Sukaraharja
BBMG Group - KP3 Teknologi Aplikasi Produk - LEMIGAS


Proses pembakaran adalah proses reaksi kimia antara bahan bakar dan oksidator dengan melibatkan pelepasan energi dalam bentuk panas dalam jumlah yang signifikan. Pembakaran merupakan bagian sangat penting dalam kegiatan industri yang memanfaatkan bahan bakar sebagai sumber energi. Saat ini hampir semua industri melibatkan proses pembakaran sebagai salah satu unit penyedia energi dalam sistem utilitasnya. Beberapa industri bahkan menggunakan pembakaran sebagai unit utamanya, seperti industri pembangkit listrik. Jenis industri lainnya memanfaatkan proses pembakaran sebagai unit pendukung yang memiliki peran vital, seperti pada Industri Logam, Industri Kimia, dan sebagainya.
Proses pembakaran yang tidak sempurna seringkali mengakibatkan peningkatan emisi gas-gas beracun (missal: karbon monoksida), penggunaan bahan bakar yang lebih boros dan biaya perawatan peralatan produksi meningkat. Kebutuhan yang sangat besar serta menipisnya ketersediaan bahan bakar fosil menjadi pertimbangan penting dalam upaya peningkatan efisiensi pembakaran dalam industri. Peningkatan efisiensi dalam penggunaan energi merupakan suatu keharusan, karena besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh industri untuk memenuhi kebutuhan energinya. Hal ini diperkuat dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2006 Bab I Pasal 1 ayat 7, tentang konservasi energi yaitu penggunaan energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang diperlukan.
Salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan efisiensi energi tersebut adalah dengan meningkatkan efisiensi pembakaran sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar. Pada penelitian ini upaya meningkatkan efisiensi penggunaan energi pada burner industri kecil dengan menggunakan bahan bakar LPG. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan peningkatan efisiensi pembakaran pada penggunaan teknologi fuel preheating system. Sedangkan tujuannya adalah untuk mendapatkan data teknis peningkatan efisiensi pembakaran yang dapat dicapai dengan menggunakan preheating system, seberapa besar pengaruh peningkatan temperatur awal LPG terhadap efisiensi pembakaran dan emisi CO, sehingga untuk tahun kedua pada tahun 2012, penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rancang bangun preheating system yang bisa di aplikasikan pada burner Industri skala kecil sebagai alat peningkat efisiensi pembakaran.

herryscorvio@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar